Rabu, 13 Februari 2019

Listrik for Life


Ketika listrik padam.





Apa yang kalian lakukan pas listrik padam ?
Listrik dan internet, menjadi salah dua kebutuhan primer di eramillenial  ini.
Sebagai warga masyarakat tentu kita akan nge-dumel / sambat pas listrik dirumah atau dikantor padam. Nggak cuma listrik aja, pas internet kita off kita juga akan melakukan hal yang demikian.
Mengapa listrik padam ?
Mengapa koneksi internet mati ?
Sebagian dari kita mungkin ada yang kepo akan hal diatas.

Pemadaman listrik dilakukan oleh PLN (selaku perusahaan yang mengelola jaringan listrik di Indonesia) tentu ada alasannya. Pertama, pemadaman listrik dilakukan karena ada maintenance atau pemeliharaan jaringan listrik di sebuah wilayah tertentu. Mengapa sih kok di maintenance  segala ? Sebagian orang atau masyarakat kita inginnya listrik nyala terus. Perlu diketahui bersama, pemeliharaan jaringan listrik sangat perlu dilakukan secara berkala, agar insfrastruktur yang sudah terbangun dan terintegrasi bisa awet dan bisa lebih optimal dalam distribusi supply  listrik ke pelanggan. Yang kedua, pemadaman listrik bisa terjadi karena disebabkan adanya sebagian insfrastruktur listrik yang rusak, bisa disebabkan karena bencana alam atau yang lainnya.

Mungkin itu salah dua dari beberapa alasan dari padamnya listrik di sebuah wilayah tertentu. Berkaitan dengan padam nya listrik karena sedang di maintenance, tentu prosedur dari pihak PLN adalah memberi surat edaran atau pemberitahuan secara resmi tentang akan diadakannya maintenance disebuah wilayah tertentu. Hal itu diharapkan agar masyarakat terdampak bisa mempersiapkan sebelumnya.

Namun, apabila dalam sebuah wilayah listrik sering padam, padahal tidak ada pemberitahuan resmi dari PLN akan adanya pemadaman, kita berhak untuk menanyakan permasalahan dan solusinya kepada PLN. Caranya gimana ? Kita bisa melakukan komplen ke PLN via telpun di 123 atau bisa juga mention di official account twitter PLN di https://twitter.com/pln_123, atau kita bisa datang ke kantor cabang PLN terdekat untuk menanyakan-nya.

Untuk layanan internet juga kurang lebih sama dengan yang terjadi pada listrik. Internet off mungkin dari penyedia jasa layanan internet sedang melakukan maintenance. Teman-teman bisa mencari info ke ISP masing-masing.

Sudah menjadi rahasia umum, sebagian dari masyarakat kita apabila listrik maupun internet off akan sambat, kegiatan harian jadi lumpuh. Tapi yang perlu diketahui, sebagai masyarakat yang baik, kita harus tetap tenang dan sabar dalam menunggu-nya on kembali. Ketika kita komplen ke PLN ataupun ke ISP, sebisa mungkin jangan disisipi oleh amarah. Komplen secara sopan dan santun.  Berikan kesempatan kepada petugas untuk bekerja memperbaiki-nya. Mereka rela bekerja di ketinggian, rela berjemur di bawah terik matahari agar distribusi listrik dan internet bisa lebih optimal. Bersyukur lah kita yang hidup di bumi Indonesia masih bisa menikmati layanan listrik. Masih ada beberapa daerah di Indonesia yang sama sekali belum diterangi listrik. Pernah nonton film “Susah Signal” ? Di film tersebut dikisahkan sebuah daerah di Nusa Tenggara, listrik akan menyala saat malam tiba dan akan mati ketika fajar akan tiba.

Menunggu memang membosankan, ya. Menunggu listrik nyala, menunggu internet ON, menunggu “dia” peka akan adanya perasaan kita, dan menunggu yang lainnya.

“tulisan ini ditulis akibat listrik dirumah padam seharian, karena dari pihak PLN memberitahu adanya maintenance jaringan listrik di sekitar wilayah tempat saya bermukim.”




Share:

0 komentar:

Posting Komentar