Ketika listrik
padam.
Apa
yang kalian lakukan pas listrik padam ?
Listrik
dan internet, menjadi salah dua kebutuhan primer di eramillenial ini.
Sebagai
warga masyarakat tentu kita akan nge-dumel
/ sambat pas listrik dirumah atau dikantor padam. Nggak cuma listrik aja, pas internet kita off kita juga akan melakukan hal yang demikian.
Mengapa
listrik padam ?
Mengapa
koneksi internet mati ?
Sebagian
dari kita mungkin ada yang kepo akan
hal diatas.
Pemadaman
listrik dilakukan oleh PLN (selaku perusahaan yang mengelola jaringan listrik
di Indonesia) tentu ada alasannya. Pertama,
pemadaman listrik dilakukan karena ada maintenance
atau pemeliharaan jaringan listrik di sebuah wilayah tertentu. Mengapa sih kok di maintenance segala ?
Sebagian orang atau masyarakat kita inginnya listrik nyala terus. Perlu diketahui bersama, pemeliharaan jaringan listrik
sangat perlu dilakukan secara berkala, agar insfrastruktur yang sudah terbangun
dan terintegrasi bisa awet dan bisa
lebih optimal dalam distribusi supply listrik ke pelanggan. Yang kedua, pemadaman listrik bisa terjadi
karena disebabkan adanya sebagian insfrastruktur listrik yang rusak, bisa
disebabkan karena bencana alam atau yang lainnya.
Mungkin
itu salah dua dari beberapa alasan dari padamnya listrik di sebuah wilayah
tertentu. Berkaitan dengan padam nya listrik karena sedang di maintenance, tentu prosedur dari pihak
PLN adalah memberi surat edaran atau pemberitahuan secara resmi tentang akan
diadakannya maintenance disebuah
wilayah tertentu. Hal itu diharapkan agar masyarakat terdampak bisa
mempersiapkan sebelumnya.
Namun,
apabila dalam sebuah wilayah listrik sering padam, padahal tidak ada
pemberitahuan resmi dari PLN akan adanya pemadaman, kita berhak untuk
menanyakan permasalahan dan solusinya kepada PLN. Caranya gimana ? Kita bisa
melakukan komplen ke PLN via telpun
di 123 atau bisa juga mention di official account twitter PLN di https://twitter.com/pln_123, atau kita
bisa datang ke kantor cabang PLN terdekat untuk menanyakan-nya.
Untuk
layanan internet juga kurang lebih sama dengan yang terjadi pada listrik.
Internet off mungkin dari penyedia
jasa layanan internet sedang melakukan maintenance.
Teman-teman bisa mencari info ke ISP masing-masing.
Sudah
menjadi rahasia umum, sebagian dari masyarakat kita apabila listrik maupun
internet off akan sambat, kegiatan
harian jadi lumpuh. Tapi yang perlu diketahui, sebagai masyarakat yang baik,
kita harus tetap tenang dan sabar dalam menunggu-nya on kembali. Ketika kita komplen ke PLN ataupun ke ISP, sebisa
mungkin jangan disisipi oleh amarah. Komplen secara sopan dan santun. Berikan kesempatan kepada petugas untuk
bekerja memperbaiki-nya. Mereka rela bekerja di ketinggian, rela berjemur di
bawah terik matahari agar distribusi listrik dan internet bisa lebih optimal.
Bersyukur lah kita yang hidup di bumi Indonesia masih bisa menikmati layanan
listrik. Masih ada beberapa daerah di Indonesia yang sama sekali belum
diterangi listrik. Pernah nonton film “Susah Signal” ? Di film tersebut
dikisahkan sebuah daerah di Nusa Tenggara, listrik akan menyala saat malam tiba
dan akan mati ketika fajar akan tiba.
Menunggu
memang membosankan, ya. Menunggu listrik nyala, menunggu internet ON, menunggu “dia” peka akan adanya
perasaan kita, dan menunggu yang lainnya.
“tulisan
ini ditulis akibat listrik dirumah padam seharian, karena dari pihak PLN
memberitahu adanya maintenance jaringan listrik di sekitar wilayah tempat saya
bermukim.”
0 komentar:
Posting Komentar